Anda mungkin tidak memikirkan kesehatan Anda di pagi hari, tetapi penting untuk menjaga diri Anda sendiri. Tips berikut ini akan membantu An...

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Anda mungkin tidak memikirkan kesehatan Anda di pagi hari, tetapi penting untuk menjaga diri Anda sendiri. Tips berikut ini akan membantu Anda meningkatkan kondisi fisik Anda secara keseluruhan dan meningkatkan umur panjang Anda.

Di pagi hari, minumlah segelas air dengan sepotong lemon di dalamnya.

Anda harus minum segelas air dengan sepotong lemon di dalamnya setiap pagi.

Air adalah hal yang paling penting untuk diminum, jadi pastikan Anda minum cukup sepanjang hari. Minumlah setidaknya delapan gelas air per hari!

Jangan pernah melewatkan sarapan.

Sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari. Sarapan membantu Anda merasa kenyang dan berenergi, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Cara terbaik untuk memulai hari Anda adalah dengan sarapan sehat yang mengandung protein, karbohidrat, serat dan lemak. Contohnya termasuk:

• Telur - telur adalah cara mudah untuk mendapatkan protein dalam diet Anda tanpa menambahkan terlalu banyak kalori. Telur juga mengandung kolin yang tinggi - nutrisi yang penting untuk kesehatan otak (dan sesuatu yang harus diusahakan oleh setiap orang). Studi menunjukkan bahwa makan telur setiap hari dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh sekaligus meningkatkan kadar kolesterol-dua hal yang menyebabkan faktor risiko penyakit jantung!

• Oatmeal - oatmeal telah lama disebut-sebut sebagai salah satu makanan paling sehat di alam berkat kandungan potasiumnya yang tinggi; mineral ini membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh kita sehingga kita tidak mudah dehidrasi ketika kita haus sepanjang hari (yang dapat menyebabkan pingsan). Ditambah lagi, blueberry sarat dengan antioksidan seperti pigmen antosianin yang ditemukan secara alami dalam blueberry (yang berarti mereka akan menjaga mata Anda tetap cerah!).

Makan lebih lambat saat makan siang dan makan malam untuk memungkinkan perut Anda mencerna lebih lengkap.

Makan perlahan-lahan saat makan siang dan makan malam akan memungkinkan perut Anda mencerna lebih penuh, yang berarti Anda akan merasa kenyang lebih lama. Namun, jika Anda makan terlalu cepat, mungkin saja tubuh Anda tidak dapat mengimbangi masuknya nutrisi dari semua kalori tersebut (dan ini dapat menyebabkan rasa lapar lebih awal). Jika Anda makan terlalu cepat, cobalah memperlambat sedikit - tetapi jangan terlalu banyak sehingga menjadi tidak nyaman!

Jika makan terlalu cepat membuat Anda merasa lapar tanpa makanan yang sebenarnya di depan Anda (atau jika bahkan hanya melihat makanan saja sudah membuat mulut Anda berair), maka cobalah memindahkan persneling dan bertindak seolah-olah tidak mungkin ada sesuatu yang bisa mengisi ruang kosong itu lagi sampai besok pagi ketika sarapan tiba lagi....

Gantikan roti gandum dan sereal untuk roti putih dan pasta bila memungkinkan.

Gantikan roti dan sereal gandum utuh dengan roti putih dan pasta bila memungkinkan.

Biji-bijian utuh lebih baik untuk Anda karena mengandung lebih banyak nutrisi, termasuk serat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker. Roti putih cenderung memiliki lebih sedikit serat daripada roti gandum utuh (1). Ini berarti lebih mudah mengalami konstipasi ketika makan banyak makanan putih yang tidak mengandung banyak serat!

Anda juga ingin memastikan bahwa karbohidrat dalam diet Anda tidak terlalu tinggi dalam total gram per hari karena hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika tidak diimbangi dengan nutrisi penting lainnya seperti protein atau lemak (2).

Minum banyak air sepanjang hari. Delapan sampai sepuluh gelas dianjurkan, terutama jika Anda berolahraga atau Anda berada di iklim panas.

Untuk minum banyak air sepanjang hari, gantilah minuman ringan dengan air dan jus dengan jus buah segar.

Dianjurkan untuk minum 8-10 gelas, terutama jika Anda berolahraga atau berada di iklim yang panas.

Saat makan siang dan makan malam, jadikan daging atau hidangan utama Anda porsi terkecil di piring Anda, dan buatlah sayuran sekitar setengah dari apa yang ada di piring Anda.

Dalam hal ukuran porsi, kecil itu indah. Saat makan siang dan makan malam, jadikan daging atau hidangan utama Anda sebagai porsi terkecil di piring Anda, dan jadikan sayuran sekitar setengah dari apa yang ada di piring Anda. Ini akan membantu Anda makan lebih sedikit tetapi tetap mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan.

• Makan perlahan-lahan: Perlahan-lahan saat makan dengan mengambil gigitan kecil yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyah sehingga pencernaan dapat terjadi dengan kecepatan yang stabil tanpa merasa terburu-buru atau tidak nyaman. Selain itu, jangan lupa untuk bernapas!

• Makan lebih banyak buah: Buah memiliki kalori lebih sedikit daripada makanan lain seperti roti dan pasta karena rendah lemak; namun buah mengandung banyak vitamin-vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata-dan serat yang membantu menjaga agar segala sesuatunya bergerak dengan lancar melalui tubuh kita tanpa menyebabkan kembung atau ketidaknyamanan di kemudian hari ketika kita membutuhkan energi dengan cepat (seperti saat berolahraga).

Kurangi stres dalam hidup Anda dengan meluangkan waktu untuk bersantai, bahkan jika itu hanya selama sepuluh menit dua kali sehari. Anda dapat menghilangkan stres dengan melakukan olahraga santai seperti yoga atau Tai Chi, membaca sesuatu yang Anda sukai, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Stres adalah masalah kesehatan utama yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan depresi. Stres tidak hanya mempengaruhi Anda secara fisik tetapi juga secara mental. Stres disebabkan oleh banyak hal seperti pekerjaan, keluarga/hubungan dan uang.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres dalam hidup Anda:

• Latihan relaksasi seperti yoga atau Tai Chi adalah beberapa cara termudah untuk menghilangkan stres dari aktivitas Anda sehari-hari; latihan ini akan membantu Anda merasa lebih baik secara mental dan fisik setelah melatihnya secara teratur!

Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti. Ada banyak program untuk membantu orang berhenti merokok yang telah terbukti efektif.

Merokok itu buruk bagi Anda. Hal ini dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung dan penyakit paru-paru. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti. Ada banyak program untuk membantu orang berhenti merokok yang telah terbukti efektif.

Merokok membuat ketagihan karena nikotin mengaktifkan sistem penghargaan otak dan membuat Anda menginginkan lebih banyak; perasaan ini disebut "buzz" atau "rush". Semakin sering Anda merokok, semakin kuat "rush" ini sampai suatu hari semua pikiran Anda berpusat pada mendapatkan rokok berikutnya-dan kemudian yang lain-dan yang lain lagi....

Jika seseorang bertanya kepada saya apa hal favorit saya dalam hidup, saya akan mengatakan itu adalah keluarga saya; namun jika seseorang bertanya kepada saya apa hal favorit saya yang kedua, saya akan segera menjawab dengan "rokok saya" karena rokok selalu ada saat paling dibutuhkan (yaitu, ketika bosan di tempat kerja).

Berolahraga secara teratur. Bahkan berjalan kaki selama tiga puluh sampai empat puluh lima menit setiap hari akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda - tapi ingatlah untuk tidak berlebihan!

Olahraga itu baik untuk Anda. Bahkan berjalan kaki selama tiga puluh hingga empat puluh lima menit setiap hari akan memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda - tetapi ingatlah untuk tidak melakukannya secara berlebihan! Anda harus menghindari berolahraga tepat sebelum tidur, karena hal ini dapat menyulitkan Anda untuk tidur nyenyak.

Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Jika olahraga teratur adalah sesuatu yang menarik minat Anda, tetapi belum pernah menjadi bagian penting dalam hidup Anda sebelumnya, maka mulai dengan aktivitas kecil setiap hari (misalnya, naik tangga daripada menggunakan lift) mungkin semua yang diperlukan agar berat badan Anda tidak hanya mulai turun tetapi juga tetap turun!

Olahraga dapat membantu memperbaiki suasana hati dengan melepaskan endorfin ke dalam sirkulasi yang menciptakan perasaan euforia dan relaksasi - jadi lain kali jika kita merasa stres di tempat kerja, cobalah berpikir tentang betapa jauh lebih baik rasanya jika kita hanya berlari-lari di luar!

Merawat diri Anda secara fisik itu penting, jadi cobalah tips-tips ini!

Anda harus mencoba tips ini. Tips ini mudah diikuti dan akan membantu Anda tetap sehat.

Jika Anda mengikuti tips ini, Anda akan merasa lebih baik secara keseluruhan.

Itu saja untuk saat ini dan saya harap Anda menikmati membaca postingan ini seperti halnya saya menikmati menulisnya. Saya tahu bahwa apa pun tujuan kesehatan atau kebugaran Anda saat ini, akan selalu ada sesuatu di sini untuk setiap orang. Namun, jangan lupa untuk tetap berpikiran terbuka ketika mencoba hal-hal baru.  Jika sesuatu tidak berhasil atau terasa tidak akan berhasil, coba saja sesuatu yang lain sampai akhirnya menemukan apa yang terbaik untuk Anda secara pribadi.

0 comments: