Motivasi adalah bagian penting dari kesuksesan Anda. Motivasi adalah hal yang membuat Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari, membuat An...

Motivasi Diri

Motivasi Diri

Motivasi adalah bagian penting dari kesuksesan Anda. Motivasi adalah hal yang membuat Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari, membuat Anda tetap bersemangat selama hari-hari yang panjang di tempat kerja dan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Namun terkadang sulit untuk menemukan motivasi. Kita semua mengalami hari-hari ketika kita tidak ingin melakukan apa pun. Itulah mengapa saya menyusun daftar tips ini untuk menemukan motivasi:


Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian.

Anda bukanlah satu-satunya yang berjuang.

Anda bukan satu-satunya yang harus menghadapi rintangan.

Anda bukan satu-satunya orang yang berusaha mencapai tujuan mereka.

Dan Anda tentu tidak sendirian dalam mencari motivasi dan inspirasi.


Ingatkan diri Anda tentang tujuan Anda.

Setelah Anda memutuskan tujuan Anda, penting untuk membuat rencana tindakan. Hal ini akan membantu Anda tetap termotivasi dan mencapai kesuksesan.

  • Tetapkan tujuan kecil yang dapat dicapai yang dapat diselesaikan dalam satu atau dua minggu. Ini adalah blok bangunan untuk tujuan yang lebih besar di kemudian hari (Anda tidak ingin terlalu jauh di depan).

  • Catat berapa lama waktu yang telah berlalu sejak Anda mulai bekerja untuk mencapai tujuan ini dan lakukan penyesuaian yang diperlukan berdasarkan seberapa dekat atau jauhnya dari target tanggal/kerangka waktu yang telah dicapai hingga saat ini: jika segala sesuatunya belum berjalan dengan baik, mundurlah selangkah lagi; jika sudah berjalan dengan baik, cobalah untuk maju selangkah lagi.


Buat mantra atau kutipan motivasi.

Ketika Anda merasa sedih, mungkin sulit untuk memotivasi diri Anda sendiri. Ada banyak pilihan cara untuk memotivasi diri sendiri dan tetap termotivasi. Salah satu caranya adalah dengan membuat mantra atau kutipan yang sesuai dengan Anda. Hal ini membantu menjaga fokus Anda pada hal-hal yang paling penting dalam hidup, terutama jika ada saat-saat ketika keadaan menjadi sulit dan rasanya seperti motivasi terlepas dari kaki Anda.

Mantra dan kutipan telah digunakan sepanjang sejarah sebagai pengingat akan tujuan dan impian; mantra dan kutipan sering digunakan oleh para biksu yang merenungkan mantra mereka sebelum berperang, yang membantu mereka tetap fokus pada misi mereka selama masa perang (dan juga situasi lain yang membutuhkan fokus ekstra). Filosofi yang sama berlaku di sini: membuat mantra atau kutipan yang mencerminkan apa yang penting dalam hidup akan memberikan semua jenis hasil positif.


Berjalan-jalan di alam terbuka.

  • Berjalan-jalan di alam bebas.

  • Alam bebas dapat membantu Anda untuk fokus pada tugas yang sedang dikerjakan dan memblokir gangguan, itulah sebabnya mengapa hal ini sering direkomendasikan sebagai cara untuk membantu Anda berkonsentrasi saat belajar atau bekerja. Anda mungkin menemukan bahwa meluangkan waktu beberapa saat setiap hari untuk berjalan-jalan di luar dapat membantu meredakan stres dan kecemasan juga!

  • Ruang terbuka dapat membantu Anda berpikir lebih jernih karena memungkinkan pikiran Anda untuk mengembara dengan bebas tanpa tekanan dari orang lain di sekitar Anda (misalnya, orang yang menggunakan ponsel). Ruang terbuka juga memungkinkan belahan otak kiri-yang memproses bahasa untuk memproses lebih banyak informasi daripada belahan otak kanan, yang mengontrol fungsi-fungsi yang berhubungan dengan emosi seperti empati dan mengingat kembali informasi.


Berbaik hatilah pada diri sendiri.

Berbaik hati pada diri sendiri adalah cara terbaik untuk menemukan motivasi. Anda tidak sendirian, dan Anda bukan satu-satunya orang yang bergumul dengan keraguan diri dan kepercayaan diri yang rendah. Tidak apa-apa jika Anda merasa tidak ada harapan untuk masa depan Anda atau tidak ada yang akan berubah menjadi lebih baik dalam hidup Anda.

Anda harus berbaik hati pada diri sendiri jika Anda ingin melakukan perubahan untuk menjadi lebih termotivasi dan sukses di tempat kerja atau sekolah. Jika orang lain mengatakan kepada saya betapa buruknya hasil kerja saya (meskipun mereka tahu bahwa itu bagus), itu tidak akan membantu perasaan keraguan diri saya; sebaliknya, hal itu hanya akan menambah bahan bakar pada api yang sudah membara di dalam diri saya-dan membuat saya semakin tidak mampu untuk menyelesaikan tugas-tugas saya tepat waktu.


Anda harus bersikap baik pada diri sendiri untuk menemukan motivasi dalam diri Anda.

Langkah pertama untuk menemukan motivasi adalah bersikap baik pada diri sendiri. Anda tidak dapat melakukan apa pun jika Anda tidak merasa termotivasi, jadi penting bagi Anda untuk menjaga pikiran dan tubuh Anda terlebih dahulu.

Penting juga untuk diingat bahwa setiap orang memiliki cara mereka sendiri untuk mengatasi stres dan kecemasan, jadi jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Fokuslah untuk melangkahkan satu kaki di depan kaki yang lain dan lihatlah ke mana perjalanan ini akan membawa kita.

Singkatnya, motivasi adalah kekuatan yang kuat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Ketika Anda membutuhkan motivasi untuk bangun dan pergi bekerja tepat waktu, misalnya, berjalan-jalan di alam mungkin adalah hal yang tepat!

0 comments: