Masa puber adalah masa yang membingungkan dan penuh gejolak bagi sebagian besar remaja. Mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dilaku...

Tips Sukses Pubertas

Tips Sukses Pubertas

Masa puber adalah masa yang membingungkan dan penuh gejolak bagi sebagian besar remaja. Mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, ke mana harus pergi, dan apa yang dikatakan tentang Anda. Kabar baiknya, masa puber adalah cara tubuh Anda mempersiapkan diri untuk menjadi dewasa. Untuk membantu mengatasi perubahan yang dibawa oleh masa pubertas, berikut ini adalah beberapa kiat dari para ahli tentang cara agar Anda dapat tetap sehat selama masa yang sulit ini:


Tetap terhidrasi.

  • Minum banyak air.

  • Makan banyak buah dan sayuran.

  • Hindari minuman manis seperti soda, jus buah, dan minuman olahraga.

  • Minum sebelum, selama, dan setelah berolahraga agar tetap terhidrasi.


Pertahankan jadwal olahraga yang stabil.

Meskipun mungkin sulit untuk memasukkan olahraga ke dalam jadwal Anda ketika Anda sibuk dengan sekolah, penting untuk diingat bahwa aktivitas fisik yang teratur adalah bagian penting dari kesehatan. Olahraga teratur membantu Anda mengembangkan tulang dan otot yang kuat, yang akan membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari. Selain itu, olahraga juga membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan membantu mengatur tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Ketika memutuskan seberapa sering Anda harus berolahraga setiap minggu atau bulan, pertimbangkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk setiap jenis kegiatan dibandingkan dengan kegiatan lain seperti belajar atau bermain game di ponsel Anda (jika kegiatan ini tidak melibatkan angkat berat). Jika memungkinkan, cobalah melakukan aktivitas sesegera mungkin setelah bangun tidur agar tidak terlalu mengganggu rutinitas harian Anda-ini bisa berarti bangun setengah jam lebih awal setiap hari sampai waktu tidur.


Jauhi alkohol, rokok, dan narkoba.

Alkohol, rokok, dan obat-obatan dapat menyebabkan masalah selama masa pubertas. Mereka membuat Anda lebih sulit untuk tetap sehat, itulah sebabnya Anda harus menghindarinya.

Alkohol menyebabkan depresi dan kecemasan

Rokok menyebabkan penyakit paru-paru yang dapat menyebabkan kanker di kemudian hari (lihat di bawah)

Obat-obatan seperti ganja dapat memperburuk perubahan suasana hati Anda atau membuat Anda berhalusinasi atau berkhayal.


Makanlah dengan baik.

Makan makanan yang bervariasi adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membantu tubuh Anda melewati masa pubertas. Anda harus mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi, seperti protein dan lemak, serta sayuran dan buah-buahan yang kaya serat.

Anda juga harus mencoba mengonsumsi kalsium yang cukup setiap hari agar tulang Anda tetap kuat selama masa remaja. Kalsium membantu membangun gigi dan tulang yang kuat, meningkatkan suasana hati, menjaga otot tetap kuat dan gerakan yang teratur memperlancar gerakan sendi.


Tidur yang cukup.

Tidur yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, pembelajaran dan daya ingat, pengaturan suasana hati, dan kesehatan fisik. Tidur juga penting untuk kesehatan mental, kesehatan emosional, rasa kantuk di siang hari (yang dapat memengaruhi kinerja Anda di sekolah atau tempat kerja), pengendalian berat badan, dan bahkan kebugaran fisik.

Tidur membantu tubuh Anda pulih dari olahraga dengan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan yang rusak sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh melalui peningkatan kadar sel pembunuh alami (yang menghancurkan sel kanker). Tidur juga meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan yang mendorong hilangnya lemak serta meningkatkan massa otot yang meningkatkan keseimbangan saat berjalan atau berlari jarak jauh dengan berjalan kaki atau bersepeda.


Bicaralah dengan dokter Anda tentang ide apa pun untuk meningkatkan kualitas hidup Anda selama masa pubertas.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang berbagai ide untuk meningkatkan kualitas hidup Anda selama masa pubertas. Dokter Anda dapat membantu Anda dengan masalah apa pun yang Anda miliki, dan mereka mungkin dapat memberi Anda daftar berbagai pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda selama masa pubertas.


Pubertas adalah cara tubuh Anda mempersiapkan diri untuk menjadi dewasa.

Masa pubertas adalah masa perubahan fisik, mental, dan emosional yang cepat. Ini adalah masa pematangan seksual. Selama masa puber, tubuh Anda mulai memproduksi hormon yang mengendalikan banyak aspek perkembangan. Rambut Anda tumbuh lebih panjang dan menjadi lebih kasar atau bergelombang; Anda mungkin juga mengalami perubahan tekstur dan warna kulit; perubahan bentuk tubuh (seperti peningkatan ukuran atau berat badan); periode menstruasi yang berlangsung antara 2-8 minggu; perubahan suara (memperdalam/memperlihatkan rentang atas); jerawat; kadar gula darah yang bersirkulasi lebih rendah yang disebut glukosa darah puasa (FBG), yang biasa terjadi selama tahun pertama setelah menarche (menstruasi).

Hal yang paling penting untuk diketahui tentang pubertas adalah bahwa pubertas terjadi selama bertahun-tahun, tetapi beberapa anak mulai menunjukkan tanda-tanda lebih awal daripada yang lain - terutama anak laki-laki sekitar usia 7 tahun yang mulai tumbuh rambut di wajahnya.

Ingat, masa puber hanyalah bagian dari masa pertumbuhan. Anda masih bisa menjadi anak kecil dan tetap sehat selama masa ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka siap membantu Anda menjaga tubuh Anda tetap berada di jalur yang tepat untuk masa dewasa.

0 komentar: