Cerita Singkat Tentang Kisah Sariamin Ismail Menjadi Google Doodle Sariamin Ismail merupakan penulis novel wanita pertama di Indonesia. Dia ...

BIOGRAFI | Cerita Singkat Tentang Kisah Sariamin Ismail

Cerita Singkat Tentang Kisah Sariamin Ismail Menjadi Google Doodle


https://www.100ceritaku.com/2021/08/Biografi-Cerita-Singkat-Tentang-Kisah-Sariamin-Ismail.html


Sariamin Ismail merupakan penulis novel wanita pertama di Indonesia. Dia lahir pada tanggal 31 Juli 1909 di Talu, Sumatera Barat. Dan meninggal dunia pada 15 Desember 1995.


Dia sudah mulai membuat syair-syair dan puisi saat usianya 10 tahun. Dia menyelesaikan sekolah dasarnya di Gouvernement School selama 5 tahun pada tahun 1921. Kemudian dia masuk ke sekolah guru khusus perempuan di Meisjes Normaal School dan lulus pada tahun 1925.


Sariamin Ismail mulai menjadi guru pada tahun 1925. Dan mengabdikan dirinya sebagai guru selama 34 tahun hingga pensiun di tahun 1968.


BACA JUGA: Cerita Tentang Kisah R. A. Kartini Sebagai Salah Satu Tokoh Pahlawan Wanita


Sariamin Ismail memiliki banyak karya selama hidupnya. Salah satunya novel pertamanya berjudul "Kalau Tak Untung" terbitan Balai Pustaka. Dalam novel itu dia menggunakan nama samaran Selasih yang menjadikan nama nya menjadi terkenal. 


Novel ini terinspirasi dari kisah nyata yaitu tunangannya yang menikah dengan wanita lain dan dua orang anak yang saling menyukai namun tak bisa bersatu.
Sariamin Ismail selalu mengganti nama samarannya di setiap novel yang ia terbitkan.
Dia bersembunyi dari koloni Belanda yang menangkap para sastrawan pada saat itu.


BACA JUGA: Biografi Dewi Sartika Seorang Pahlawan Nasional Dan Tokoh Emansipasi Wanita


Dia juga ikut andil dalam kegiatan politik seperti Gerakan Indonesia Merdeka dan pernah mendekam di penjara selama tiga tahun dari awal Februari 1960 hingga akhir 1962. 

Google Doodle hari ini tanggal 31 Juli 2021 menampilkan Sariamin karena hari ini merupakan ulang tahun Sariamin Ismail. Google Doodle ini menggambarkan wanita berpakaian adat Minang berwarna oranye dengan beberapa empat lembar naskah di sekitarnya. 

0 comments: