Menabung sangatlah penting bilamana ada keperluan mendesak dan mendadak. Masih banyak yang malu menyetorkan uang ke Bank apabila nilainya di...

3 Tips Menabung Harian Yang Efektif

Tips menabung harian yang efektif

Menabung sangatlah penting bilamana ada keperluan mendesak dan mendadak. Masih banyak yang malu menyetorkan uang ke Bank apabila nilainya dirasa masih kecil. Tidak harus pergi ke Bank untuk bisa menabung. Zaman sekarang teknologi sudah canggih dan memungkinkan kita untuk menerapkan menabung sederhana.


Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk menabung sederhana, salah satunya adalah celengan. Selain celengan juga ada tabungan emas pegadaian dengan nominal yang sangat terjangkau serta nabungnya bisa dari rumah. Dan masih banyak cara lain yang bisa diterapkan.


Berikut ini beberapa tips menabung yang bisa di coba secara harian.


1. Pilihlah tempat uang yang bening


Dengan tempat yang bening akan memungkinkan kamu melihat uang tabungan yang sudah terkumpul. Kamu akan lebih bersemangat setelah melihatnya.

Kamu juga bisa menempelkan label yang betuliskan tujuan kamu menabung. Itu akan membuat kamu bersemangat dan konsisten agar tujuanmu tercapai. Dan letakkan celengan kamu pada tempat yang tidak mudah dijangkau oleh orang lain.


2. Mulai dengan nominal yang kecil


Langkah awal untuk membangun komitmen dan niat untuk menabung, mulailah dengan nominal yang kecil dulu agar tidak terasa berat. Misalnya menyisihkan 5000 sampai 10000 dari uang sakumu bagi para pelajar atau menerima kembalian saat berbelanja.

Selanjutnya jika sudah konsisten dalam menabung setiap harinya, kamu bisa menaikkan nominal menabung kamu. Walaupun sedikit jika dilakukan secara konsisten akan menjadi banyak.


3. Menabung sesuai dengan tanggal


Bagi kamu yang sudah bekerja dan berpenghasilan bulanan, kamu bisa menerapkan menabung sesuai tanggal. Tips ini sama seperti menabung harian hanya beda nominal dan waktunya saja.


Kamu bisa menabung saat sudah mendapatkan gaji dengan kelipatan nominal menabung kamu per harinya sampai pada tanggal saat kamu menerima gaji.


Demikianlah 3 tips menabung harian yang efektif dengan nominal sangat terjangkau agar bisa konsisten dilakukan. Jangan pernah beranggapan bahwa menabung itu adalah hal yang sepele. Karena tabungan adalah dana darurat dan akan terasa berjasa disaat situasi yang tidak terduga.


Walaupun nominalnya terbilang kecil, manfaatnya sangat besar. Jangan lupa bahwa segala sesuatu yang besar berawal dari yang kecil.

0 comments: