Bali sebagai tujuan wisata dunia dikenal juga dengan pulau Seribu Pura atau pulau Dewata. Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang ...

3 Fakta Unik Bali Terpopuler

Fakta Unik Bali

Bali sebagai tujuan wisata dunia dikenal juga dengan pulau Seribu Pura atau pulau Dewata. Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sudah populer namanya sampai ke luar negeri. Pulau Bali dikenal juga sebagai pulau Dewata karena kekayaan budayanya serta keindahan alamnya.


Banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung ke Bali setiap harinya. Selalu ada alasan bagi mereka untuk kembali lagi ke Bali.


Berikut 3 fakta unik Bali yang paling terkenal dan populer di luar negeri.

Puja Mandala Nusa Dua


Fakta Unik Bali

Meskipun sebagian besar warga di Bali beragama Hindu, tetapi kepercayaan berbeda agama berjalan baik, semua sama-sama menghormati dan menghargai. Bahkan juga saat hari raya besar seperti Lebaran dan Natal, polisi adat (pecalang) diikutsertakan untuk menolong kelancaran perayaan itu.


Di Bali ada budaya ngejot (sama-sama memberi) ketika ada hari raya besar, hingga memupuk rasa persaudaraan dan mengurangi ketidaksamaan itu.


Sebagai bentuk toleransi itu dibuat sebuah komplek peribadatan berbeda agama yang berada di Puja Mandala Nusa Dua. Bentuk toleransi itu telah lama adanya bisa dibuktikan dengan ada pura Langgar di Bangli yakni sebuah pura yang ada mushola.


Tol Bali Mandara


Fakta Unik Bali


Tol Bali Mandara ialah jalan tol terapung pertama di Indonesia. Jalan tol Bali Mandara menyambungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua, terhampar sejauh 12,7 km di permukaan laut. Jalan tol ini sebagai jalan tol pertama kali yang berada di pulau Bali, sekalian sebagai jalan tol terapung pertama kali yang berada di Indonesia.


Disamping itu jalan tol ini termasuk juga jalan tol yang unik karena mempunyai lajur untuk sepeda motor disamping kiri dan kanan. Jalan tol ini mulai dibuat di bulan Maret 2012 dan usai sekitaran bulan Mei 2013.

Patung Garuda Wisnu Kencana


Fakta Unik Bali


Patung Garuda Wisnu Kencana sebagai patung paling tinggi di Indonesia dan jadi patung paling tinggi ke-2 di dunia. Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) berada di bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, hasil kreasi pematung populer Nyoman Nuarta dan disahkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di bulan September 2018 lalu.


Patung ini jadi patung paling tinggi ke-2 di dunia dan jadi patung paling tinggi di Indonesia. Pembangunan patung ini memerlukan waktu sepanjang 28 tahun.


0 comments: