Sangat mudah untuk hanyut dalam kegembiraan eksplorasi ruang angkasa. Ketika Anda sudah dewasa, Anda bisa melakukan hal-hal menarik seperti ...

6 Fakta Tentang Bumi

6 Fakta Tentang Bumi

Sangat mudah untuk hanyut dalam kegembiraan eksplorasi ruang angkasa. Ketika Anda sudah dewasa, Anda bisa melakukan hal-hal menarik seperti menonton siaran langsung NASA dan membaca buku-buku sains tentang planet, bulan, dan benda-benda langit lainnya. Tapi sebagai anak-anak? Nah... itu cerita lain sama sekali! Sementara orang dewasa mungkin memiliki kemewahan untuk belajar tentang cara kerja planet kita dari TV (atau layar komputer) mereka, anak-anak masih mendapatkan kesempatan untuk menemukan beberapa fakta yang sangat keren tentang Bumi. Berikut adalah enam fakta mengejutkan tentang kelereng biru yang indah ini:

Bumi adalah planet terpadat di Tata Surya.

• Bumi adalah planet terpadat di Tata Surya.

• Bumi memiliki satu bulan, yang dinamai sesuai nama presiden pertama kita George Washington dan ditemukan dengan teleskop pada tahun 1784.

• Bumi memiliki atmosfer (gas-gas yang mengelilinginya), lautan, dan daratan-tiga hal yang tidak dimiliki oleh planet-planet lain. Sifat-sifat dasar ini memungkinkan kehidupan bagi manusia di planet kita serta tumbuhan dan hewan yang hidup di sana saat ini!

• Musim berganti setiap tahun karena perubahan orbit Bumi mengelilingi Matahari; perubahan ini menyebabkan siang hari menjadi lebih panjang setiap hari selama bulan-bulan musim panas sampai musim dingin kembali lagi pada ekuinoks musim semi, ketika hari-hari mulai menjadi lebih pendek lagi sehingga Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada musim panas selamanya!

Bumi pernah diyakini sebagai pusat alam semesta.

Bumi adalah pusat tata surya kita. Dahulu diyakini bahwa Bumi adalah pusat alam semesta dan segala sesuatu yang lain berputar mengelilingi kita. Keyakinan ini disebut geosentrisme, dan itu populer di kalangan filsuf Yunani kuno seperti Aristoteles, yang menulis tentang hal itu dalam bukunya On The Heavens (360 SM). Namun, sejak itu, para ilmuwan telah menemukan banyak planet lain di galaksi kita, termasuk Mars, Venus, dan Merkurius; semua benda langit ini terletak jauh dari posisi Bumi dengan jarak yang bervariasi satu sama lain.

Bumi adalah satu-satunya planet yang tidak dinamai dengan nama dewa.

Planet-planet lainnya dinamai menurut nama dewa-dewa, sedangkan Bumi adalah satu-satunya planet yang tidak dinamai menurut nama dewa. Nama ini berasal dari kata ēorthe dalam bahasa Inggris Kuno, yang berarti tanah atau tanah. Ini terkait dengan kata Inggris Kuno eorþan, yang berarti "membalikkan dengan membajak."

Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya kita yang tidak dinamai dengan nama dewa Yunani atau Romawi.

Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya kita yang tidak dinamai menurut nama dewa Yunani atau Romawi. Awalnya dinamai oleh Charlemagne, yang merupakan penguasa Kekaisaran Romawi Suci pada waktu itu. Putranya menyebutnya "Terra Incognita" (Tanah Tak Dikenal).

Saat ini, kita tahu bahwa ada banyak planet yang mengorbit bintang-bintang lain selain matahari kita sendiri; tetapi mereka semua jauh dari kita (dan karenanya sulit untuk dilihat). Jadi, kita tidak benar-benar tahu apa lagi yang mungkin ada di luar sana!

Tanah tertua di bumi berusia lebih dari 2 miliar tahun.

Tanah tertua di bumi berusia lebih dari 2 miliar tahun.

Bumi juga satu-satunya planet di tata surya kita yang tidak dinamai menurut nama dewa Yunani atau Romawi, melainkan berasal dari kata Yunani awal yang berarti "bumi". Bumi pernah diyakini sebagai pusat alam semesta dan rumah bagi benda-benda langit seperti Mars, Merkurius, dan Venus. Baru setelah Galileo Galilei menemukan mereka, orang-orang mulai berpikir secara berbeda tentang perjalanan ruang angkasa.

Sudah ada sejak lama

Anda baru saja selesai membaca fakta-fakta tentang Bumi, dan Anda merasa bahwa kita sudah berada di sini untuk waktu yang lama. Planet ini telah ada selama miliaran tahun, jadi tidak mengherankan jika kita masih ada di sini sampai sekarang-kita hanya tidak tahu berapa usia planet kita!

Karena itu, mari kita lihat beberapa cara kita tahu bahwa dunia kita sudah tua:

• Kita memiliki bukti dari monumen Mesir kuno. Piramida Agung dibangun antara tahun 2575 SM dan 2493 SM (dengan beberapa perkiraan memberikannya sedini 2700 SM). Ini berarti piramida-piramida tersebut dibangun sebelum Musa lahir!

• Kita juga tahu tentang mitologi Yunani kuno karena banyak orang percaya bahwa mitos-mitos ini didasarkan pada peristiwa aktual dalam sejarah atau geografi (seperti Hercules). Sebagai contoh: Istri Zeus, Hera, memiliki banyak anak, termasuk Athena yang dikenal sepanjang sejarah bukan hanya karena dia terlahir sebagai wanita, tetapi juga karena dia memerintah atas kebijaksanaan dan pengetahuan; Athena mengenakan baju besi yang terbuat dari emas yang mewakili kekuatannya atas alam itu sendiri -- yang masuk akal karena emas ditambang dari gunung-gunung yang mengandung urat-urat yang bernilai jutaan setiap tahunnya.

Saya harap Anda mempelajari satu atau dua hal baru tentang Bumi dan penghuninya. Saya tahu bahwa ada banyak fakta di luar sana, tapi semoga bisa memberikan beberapa fakta menarik hari ini. Cobalah mencari informasi lebih lanjut sendiri sebelum kembali ke sini, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak lagi dari artikel ini. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang topik lainnya, jangan ragu untuk memberi tahu kami di komentar di bawah ini.

0 comments: