Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting. Penting untuk menjaga kesehatan mental Anda karena hal ini mempengaruhi kesejahteraan dan k...

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting. Penting untuk menjaga kesehatan mental Anda karena hal ini mempengaruhi kesejahteraan dan kebahagiaan hidup Anda secara keseluruhan. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan termasuk berjalan-jalan, makan makanan sehat, membaca buku, membuat jurnal, dan meluangkan waktu untuk orang lain.

Berjalan-jalan

• Berjalan kaki adalah cara terbaik untuk berolahraga dan menghirup udara segar.

• Anda dapat berjalan kaki ketika Anda memiliki waktu luang, yang berarti Anda tidak perlu memastikan bahwa Anda melakukannya pada waktu yang sama setiap hari atau bahkan setiap minggu.

• Hanya dengan berjalan-jalan di luar akan membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda, tetapi berjalan cepat sesekali bahkan lebih baik dari itu!

Makan makanan yang sehat

• Makan banyak buah dan sayuran. Makanan-makanan ini rendah kalori, bergizi tinggi dan rasanya enak!

• Hindari makanan olahan. Makanan olahan bisa tinggi garam, gula atau lemak, yang dapat membuat berat badan Anda bertambah dengan cepat.

• Makanlah makanan seimbang dengan banyak protein, karbohidrat kompleks (seperti biji-bijian) dan lemak sehat seperti minyak zaitun atau alpukat setiap hari.

• Hindari makan terlalu banyak gula sekaligus - ini akan membuat Anda merasa lelah di kemudian hari karena disimpan sebagai lemak, bukannya dibakar oleh tubuh Anda sebagai energi! Sebaliknya, cobalah minum lebih banyak air sepanjang hari. Jika memungkinkan, bangunlah lebih awal sehingga ketika waktu sarapan tiba pagi ini, kita sudah memiliki sesuatu yang sehat yang menunggu kita: buah + yogurt + granola - semuanya dilengkapi dengan susu almond jika diperlukan!

Tertawa

Tertawa itu baik untuk kesehatan Anda. Tertawa adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan harga diri. Tertawa itu menular; ketika Anda tertawa dengan orang lain, tubuh Anda melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik!

• Untuk mulai tertawa: Lakukanlah! Cobalah berlarian di sekitar ruangan atau terkekeh histeris pada sesuatu yang lucu di TV. Lakukan saja apa pun yang paling membuat Anda tertawa - lakukan saja lebih sering!

Membaca buku

Membaca buku adalah cara yang bagus untuk bersantai dan melepas lelah. Buku bisa menjadi bentuk meditasi, karena memungkinkan Anda untuk fokus pada apa yang dikatakan penulis tanpa gangguan apa pun. Membaca buku dapat membantu Anda mempelajari hal-hal baru tentang diri Anda, budaya Anda, atau bahkan budaya lain di seluruh dunia.

Membuat jurnal

Membuat jurnal adalah salah satu cara terbaik untuk memahami diri Anda sendiri. Menuliskan pikiran dan emosi Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk mengeluarkan segala sesuatu dari dada Anda, memahami diri Anda lebih baik, dan merasa lebih baik tentang diri Anda sendiri. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana atau seberapa sering Anda harus menulis di jurnal Anda, cobalah menuliskan tiga hal yang mengganggu Anda setiap hari selama 10 menit pada awalnya dan lihat bagaimana hasilnya!

Berikan waktu untuk orang lain

• Luangkan waktu untuk orang lain

Hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk diri sendiri adalah meluangkan waktu bersama keluarga dan teman Anda. Hal ini mungkin terdengar jelas, tetapi tidak selalu mudah untuk menemukan waktu atau motivasi untuk melakukannya. Pastikan bahwa Anda meluangkan waktu sendirian sekali seminggu sehingga Anda dapat bersantai dan mengisi ulang baterai Anda. Jika memungkinkan, cobalah beberapa pekerjaan sukarela! Hal ini baik untuk jiwa dan akan memastikan bahwa tidak ada orang yang membutuhkan yang luput dari perhatian selama hidup mereka. Jika hewan peliharaan bukan pilihan (karena mahal atau sulit untuk dirawat), pertimbangkan untuk mendaftar di tempat penampungan hewan di mana mungkin ada seseorang yang mencari teman sambil menunggu keputusan adopsi - atau hanya pergi ke luar! Berolahraga secara teratur sehingga tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga membantu menjaga kesehatan mental melalui teknik pengurangan stres seperti meditasi atau kelas yoga.

Tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti apa yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda melakukan sebanyak mungkin.

• Jaga diri Anda sendiri: Ini mungkin tip yang paling penting dalam daftar ini. Jika Anda tidak menjaga diri Anda sendiri, maka tidak ada orang lain yang dapat membantu atau mendukung Anda - dan jika mereka tidak dapat membantu atau mendukung Anda, maka mereka juga tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi dalam hidup mereka. Hal ini juga penting bukan hanya demi diri Anda sendiri, tetapi juga karena ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan dukungan dan kebaikan kita juga!

• Berbaik hati terhadap diri sendiri: Hal ini mungkin terdengar aneh pada awalnya karena kita diajarkan sejak usia muda untuk tidak selalu berkata-kata baik tentang diri kita sendiri, melainkan kata-kata kasar seperti "tidak berguna/bodoh" dll., yang membuat kita merasa tidak berharga bahkan lebih dari sebelumnya ketika kita mendengar kata-kata ini dari orang lain di sekitar mereka (orang tua). Tapi ingat: setiap orang terkadang memiliki kekurangan; terkadang orang lupa betapa orang lain mencintai mereka meskipun mereka memiliki kekurangan/kesalahan... terkadang mereka hanya membutuhkan dorongan semangat :) Anda tidak pernah sendirian jika seseorang cukup peduli tentang diri mereka sendiri

Kami berharap tips-tips ini akan membantu Anda merasa lebih baik dan melewati perjuangan kesehatan mental Anda. Ingat, tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat diri sendiri. Penyakit mental bukanlah sesuatu yang dapat disembuhkan dalam semalam; dibutuhkan waktu dan usaha, tetapi jika kamu terus berusaha maka pada akhirnya kamu akan mulai melihat beberapa perbaikan dalam gejala-gejalamu.

0 comments: