Jerawat adalah kondisi kulit yang umum. Jerawat dapat menyebabkan jerawat dan komedo putih, tetapi juga dapat meninggalkan bekas luka atau n...

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang umum. Jerawat dapat menyebabkan jerawat dan komedo putih, tetapi juga dapat meninggalkan bekas luka atau noda di wajah Anda. Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak cara untuk mengobati jerawat tanpa harus melakukan operasi.

1. Cuci wajah Anda dua kali sehari

Cuci wajah Anda dua kali sehari dengan air hangat. Gunakan pembersih atau waslap yang lembut dan hindari scrub yang keras. Anda juga dapat menggunakan produk berbasis minyak seperti witch hazel, gel lidah buaya, atau minyak kelapa sebagai lotion ketika Anda selesai mencuci muka.

Tips untuk Kulit Berjerawat:

• Jika Anda memiliki kulit berminyak, oleskan tabir surya setiap pagi dan oleskan kembali sepanjang hari jika diperlukan (penting untuk melindungi dari paparan sinar UV). Jika kulit Anda lebih kering dari biasanya, lembabkan sebelum tidur atau kapan saja selama kondisi cuaca panas sehingga kelembapannya bertahan lebih lama!

2. Gunakan perawatan dengan benzoil peroksida

Jenis jerawat yang Anda miliki menentukan seberapa sering Anda harus menggunakan benzoil peroksida. Jika jerawat Anda meradang dan merah, sebaiknya gunakan obat setiap 24 jam untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Jika noda Anda kering atau berwarna putih, gunakan dua kali sehari.

Benzoil peroksida tersedia bebas di toko obat atau supermarket dan dapat dibeli dengan resep dari dokter kulit Anda (jika mereka merekomendasikannya). Anda ingin produk ini diencerkan sebelum mengaplikasikannya-tidak disarankan agar orang menerapkan produk yang tidak diencerkan secara topikal!

3. Oleskan teh hijau ke kulit Anda

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan teh hijau ke kulit Anda. Anda dapat melakukannya dengan menuangkan air pada bola kapas dan menambahkan beberapa tetes bubuk teh hijau, lalu mengoleskannya ke area yang terkena. Anda harus membiarkan teh hijau setidaknya selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin, tetapi Anda bisa melakukannya hingga satu jam jika Anda ingin lebih teliti.

Setelah Anda mengaplikasikannya, biarkan mengering secara alami sehingga tidak ada basah di wajah Anda saat merias wajah nanti di siang atau malam hari!

4. Melembabkan

Pelembab penting untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi itu bukan sesuatu yang harus Anda lakukan terlalu sering. Jika Anda menggunakan pelembab setiap hari, itu dapat menyebabkan lebih banyak jerawat daripada jika Anda hanya menggunakannya pada acara-acara khusus. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri setelah menggunakan produk baru dan mungkin membutuhkan beberapa minggu sebelum manfaatnya terlihat dalam rutinitas harian Anda.

Anda harus mengoleskan pelembab ringan setelah mencuci muka di malam hari dan sekali lagi di pagi hari saat merias wajah (jika perlu). Anda juga harus menghindari penggunaan terlalu banyak produk ini-dengan begitu, produk ini tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat!

Anda dapat menjauhkan jerawat dengan mengambil langkah-langkah ini

Jerawat bisa menjadi kondisi yang membuat frustrasi, tetapi tidak harus demikian. Anda dapat menjauhkan jerawat dengan mengambil langkah-langkah ini:

• Cuci wajah Anda dengan sabun dan air setiap hari. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan berjerawat, gunakan tisu penghapus riasan alih-alih tisu karena tidak akan menghilangkan semua minyak dari pori-pori Anda seperti yang dilakukan pembersih wajah biasa.

• Gunakan pembersih lembut yang tidak mengiritasi kulit Anda (seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser). Ini akan membantu membersihkan jerawat yang mungkin Anda miliki serta mencegahnya datang kembali di masa depan.

• Hindari produk yang mengandung sulfat karena dapat mengeringkan dan mengiritasi jenis kulit sensitif seperti kulit saya! Sebagai gantinya, cobalah minyak kelapa atau minyak zaitun jika Anda membutuhkan kelembapan ekstra pada hari-hari kering - keduanya juga bekerja sama dengan baik!

Ingatlah tips ini dan Anda akan menuju ke kulit yang indah dan bebas jerawat!

0 comments: