Cara terbaik untuk menjaga gigi Anda tetap sehat adalah dengan memiliki rutinitas perawatan gigi yang baik. Anda dapat melakukannya dengan m...

Tips Merawat Gigi

Tips Merawat Gigi

Cara terbaik untuk menjaga gigi Anda tetap sehat adalah dengan memiliki rutinitas perawatan gigi yang baik. Anda dapat melakukannya dengan menyikat gigi dua kali sehari dan flossing sekali sehari. Keduanya adalah cara mudah untuk membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi, yang dapat menyebabkan gigi tanggal. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyikat terlalu kuat, hal itu dapat merusak enamel (lapisan terluar gigi Anda). Flossing dengan benar membantu menghilangkan partikel makanan dari sela-sela gigi yang dapat menyebabkan infeksi jika tidak ditangani.

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari.

• Sikat gigi Anda dua kali sehari.

• Gunakan sikat gigi berbulu lembut. (Sikat gigi berbulu lembut baik untuk gusi sensitif dan dapat ditemukan di toko obat).

• Sikat selama dua menit, menggunakan tekanan lembut pada semua area mulut, termasuk lidah. Hal ini penting karena membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dan di sepanjang garis gusi-tempat di mana bakteri biasanya akan berkembang biak jika dibiarkan begitu saja!

Floss gigi Anda.

Flossing adalah bagian penting dari rutinitas kebersihan gigi Anda. Flossing menghilangkan plak dan partikel makanan dari sela-sela gigi, yang membantu mencegah gusi menjadi meradang atau sensitif.

Untuk flossing:

• Gunakan lingkaran kawat pada salah satu ujung benang untuk memisahkan setiap gigi dengan menggerakkannya bersama dengan ujung jari telunjuk Anda yang lain sampai Anda mencapai garis gusi di setiap sisi mulut Anda. Tarik keluar sisa makanan atau kotoran di antara setiap gigi dengan lembut menggunakan tekanan yang cukup untuk tidak menarik gusi atau membuat gusi berdarah saat membersihkan di sekitar braket. Jika Anda memiliki kawat gigi, gunakan karet gelang ortodontik untuk menahan rambut yang mungkin tersangkut di kawat gigi dengan lembut selama proses ini (Anda dapat menemukannya di sebagian besar apotek).

Gunakan obat kumur antibakteri, tapi jangan menelannya.

Obat kumur bukanlah pengganti menyikat gigi dan flossing, tetapi dapat digunakan untuk menyegarkan napas setelah menyikat gigi. Untuk melakukan ini, usapkan satu sendok teh obat kumur di mulut Anda selama 30 detik atau sampai mulai terasa tidak enak (Anda akan tahu kapan Anda sudah cukup melakukannya). Keluarkan cairan dan ulangi jika perlu.

Karena produk ini mengandung alkohol di dalamnya, pastikan anak-anak tidak boleh memegangnya!

Lakukan pemeriksaan setiap enam bulan sekali.

Pemeriksaan gigi adalah bagian penting dari kesehatan Anda secara keseluruhan. Pemeriksaan ini dapat mengidentifikasi masalah lebih awal dan membantu mencegah masalah yang lebih serius berkembang di masa depan. Selain itu, pemeriksaan gigi tidak mahal dan mudah dilakukan di rumah atau dengan dokter gigi atau ahli kesehatan gigi Anda.

Jika Anda tidak yakin tentang pertanyaan apa yang harus ditanyakan ketika mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan rutin (atau jenis lainnya), kami punya beberapa petunjuk:

Memiliki rutinitas perawatan gigi yang baik itu penting tetapi tidak rumit.

Jadi, apa saja produk perawatan gigi terbaik di dunia? Yah, semuanya hampir sama. Yang benar adalah bahwa jika Anda ingin menjaga gigi Anda tetap sehat dan bersih, hanya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama-tama, pastikan Anda menyikat gigi setidaknya dua kali sehari - sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur. Hal ini akan membantu mencegah terbentuknya gigi berlubang pada gigi Anda serta penyakit mulut lainnya seperti radang gusi atau penyakit periodontal.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah flossing secara teratur (setidaknya sekali sehari). Flossing menghilangkan penumpukan plak di antara setiap gigi dan di bawahnya; hal ini membantu mencegah pembusukan terjadi di kemudian hari ketika mungkin sudah terlambat! Jika memungkinkan, cobalah menggunakan flosser elektrik sehingga pembersihan di sekitar area yang ramai seperti di antara dua gigi depan juga tidak bermasalah lagi."

Hal terbesar yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah bahwa perawatan gigi yang baik itu sederhana dan mudah. Hanya butuh waktu dan usaha untuk memastikan Anda menyikat gigi setelah makan dan flossing setidaknya sekali sehari. Anda tidak perlu menghabiskan waktu satu jam di kamar mandi setiap pagi atau sore hari jika Anda tidak menginginkannya, tetapi hal ini akan membantu menjaga gusi Anda tetap sehat dari waktu ke waktu - yang berarti lebih sedikit rasa sakit ketika gusi Anda rusak!

0 comments: