Lidah buaya atau yang sering dikenal dengan Aloe Vera merupakan tanaman tropis yang berbentuk daun berdaging sehingga mampu menghasilkan gel...

3 Fakta Menarik Tentang Manfaat Lidah Buaya


Lidah buaya atau yang sering dikenal dengan Aloe Vera merupakan tanaman tropis yang berbentuk daun berdaging sehingga mampu menghasilkan gel yang kaya akan manfaat. Lidah buaya adalah salah satu jenis tumbuhan yang mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. 


Lidah buaya mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam lidah buaya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B1, B2, B3, B12. Selain itu lidah buaya juga mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk tubuh seperti glukosa, manosa, hamosa, dan selulosa.


Lidah buaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Lidah buaya bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. Selain itu juga banyak digunakan sebagai olahan untuk dijadikan shampoo dan kosmetik.


Berikut ini adalah 3 fakta menarik tentang manfaat lidah buaya yang patut kita ketahui.


1. Mendukung perawatan rambut


Rambut rusak pada umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Rambut menjadi kering, kasar, dan bercabang. Dengan mengoleskan gel lidah buaya pada rambut dapat dipercaya mampu memperbaiki rambut yang rusak karena kandungan vitamin dan kolagennya yang tinggi.

Mengoleskan lidah buaya pada rambut secara rutin mampu membuat rambut terlihat sehat dan berkilau. Selain itu juga membantu mempertahankan kesehatan rambut.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut

Cara mengaplikasikannya ke rambut yaitu dengan membelah lidah buaya untuk diambil isinya lalu hancurkan hingga halus. Setelah itu oleskan kerambut dari kulit kepala hingga ujung rambut lalu bilas setelah didiamkan selama 30 menit.

2. Membantu perawatan wajah

Lidah buaya yang kaya akan antioksidan mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Gel lidah buaya membantu meringankan berbagai masalah kulit wajah, seperti; jerawat, wajah berminyak, kulit wajah kering, penuaan dini, wajah gelap dan bekas luka di wajah. Selain itu, gel lidah buaya juga mampu menyegarkan dan mencerahkan wajah serta melindungi dari sinar matahari.


3. Mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit.


Didalam lidah buaya terdapat gel yang bersifat antiseptik, antipuritik, anestetik, antijamur, antiinflamasi, dan afrosidiak sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Lidah buaya banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai jenis penyakit seperti; diabetes, sembelit, sariawan, batuk, dan asam lambung serta tekanan darah tinggi.

Efek samping mengkonsumsi lidah buaya jangka panjang

Walaupun lidah buaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan aman di konsumsi sebagi obat herbal yang diolah menjadi jus namun terdapat efek samping jika mengkonsumsinya dalam jangka panjang. Mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan kram dan nyeri perut, diare, gangguan elektrolit, gangguan ginjal, dan gangguan fungsi hati.


Demikianlah 3 fakta menarik tentang manfaat lidah buaya. Semoga berguna bagi para pembaca !!!

0 comments: