Banyak yang beranggapan bahwa introvert itu pemalu. Orang pemalu cenderung merasa khawatir, takut, dan tidak nyaman saat berada pada situasi...

3 Fakta Ciri-Ciri Orang Introvert

3 Fakta Ciri-Ciri Orang Introvert


Banyak yang beranggapan bahwa introvert itu pemalu. Orang pemalu cenderung merasa khawatir, takut, dan tidak nyaman saat berada pada situasi sosial yang tidak dikenalnya. Berbeda dengan orang introvert yang lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energinya.

Introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung fokus terhadap perasaan dan pikiran secara internal. Orang yang memiliki kepribadian introvert lebih senang menghabiskan waktu sendirian dan menyukai lingkungan yang tenang.

Seorang introvert biasanya dianggap antisosial karena gemar menyendiri dan cenderung pendiam. Mereka lebih suka mengamati daripada menjadi pusat perhatian. Namun sebenarnya orang dengan kepribadian introvert mampu bersosialisasi walaupun terlihat pemalu.




Tidak semua orang yang berkepribadian introvert itu sama. Kepribadian introvert dibagi dalam beberapa tipe berdasarkan prilaku.

- Social Introvert

Tipe ini biasanya lebih memilih untuk menghindari keramaian dalam beraktivitas. Kebanyakan dari mereka lebih senang menghabiskan waktu sendiri didalam rumah.

- Thinking Introvert

Tipe ini lebih sering menghabiskan waktu dengan dunianya sendiri. Mereka suka berdiskusi dengan pikirannya sendiri. Orang yang memiliki tipe introvert ini cenderung memiliki pemikiran yang imajinatif dan kreatif.

- Anxious Introvert

Tipe ini sering merasa canggung atau malu saat berhadapan dengan banyak orang. Mereka terlalu memikirkan hal-hal yang akan terjadi ketika akan datang  ke tempat baru dan berinteraksi dengan orang baru. Sehingga tingkat kecemasan mereka meningkat.

- Restrained Introvert

Tipe ini lebih sering berpikir dahulu baru bertindak. Mereka selalu memikirkan semua dengan sangat matang sebelum mereka mengambil suatu tindakan. Tipe ini tidak suka perubahan.

Dari semua tipe tersebut, dapat diketahui ciri-ciri seseorang yang memiliki kepribadian introvert. Berikut ini adalah 3 fakta ciri-ciri orang introvert.

1. Suka menyendiri


Seorang introvert lebih senang menghabiskan waktu sendirian. Mereka bisa melakukan aktivitas yang disukai. Menikmati suasana yang tenang dan nyaman tanpa ada gangguan.

Mereka butuh waktu untuk istirahat dan memulihkan energi yang terkuras karena terlalu banyak bersosialisasi dalam keramaian sehingga membuat mereka lelah.

2. Pendiam


Seorang introvert dikenal dengan sosoknya yang pendiam. Mereka tidak begitu tertarik dengan obrolan yang tidak perlu. Mereka juga berhati-hati dalam berbicara agar tidak menyakiti hati lawan bicaranya. 

Seorang introvert cenderung lebih suka mendengarkan daripada bercerita. Mereka sebagian besar menjadi teman curhat.

3. Tidak punya banyak teman


Seorang introvert hanya memiliki sekelompok teman kecil yang sangat dekat. Bukan antisosial, mereka tetap bersosialisasi namun dalam lingkaran sosial yang cenderung kecil. Mereka lebih memilih tetap dalam hubungan jangka panjang.


Tiga ciri-ciri itu sudah menggambarkan bahwa seseorang memiliki kepribadian introvert pada umumnya. Walaupun para introvert terlihat pendiam dan lebih suka menyendiri, mereka bukanlah pribadi yang sombong atau antisosial. Hanya saja itulah cara hidup yang paling nyaman bagi mereka. 

Orang introvert juga memiliki keistimewaan tersendiri. Berikut ini merupakan keistimewaan yang dimiliki oleh orang introvert.

- Pendengar yang baik

Orang introvert memiliki keterampilan dalam memproses informasi secara internal sehingga memungkinkan untuk mendengar, memahami, serta menanggapi dengan seksama.

- Teman yang berkualitas

Para introvert sangat pemilih terhadap siapa yang akan masuk kedalam hidupnya. Mereka akan memperkuat koneksi dengan orang yang sudah dikenalnya. Mereka akan menjadi teman setia, penuh perhatian, dan berkomitmen.

- Pemimpin yang bijak

Pemimpin introvert kerap menghasilkan kinerja kerja yang baik. Mereka cenderung mempersilahkan karyawan yang proaktif mengemukakan ide mereka.


Demikianlah 3 fakta ciri - ciri orang introvert, dan pengelompokan jenis introvert berdasarkan prilaku serta keistimewaannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 comments: