Tidur adalah saat proses restoratif dan penyembuhan yang luar biasa dalam tubuh. Denyut jantung Anda melambat selama tidur, turun sepuluh hi...

Fakta Unik Tentang Tidur

Fakta Unik Tentang Tidur
Tidur adalah saat proses restoratif dan penyembuhan yang luar biasa dalam tubuh. Denyut jantung Anda melambat selama tidur, turun sepuluh hingga tiga puluh persen. Bermimpi terjadi selama tidur REM (Rapid Eye Movement), yang menjadikannya salah satu tahap paling penting untuk konsolidasi memori serta mengaktifkan produksi hormon pertumbuhan. Para ilmuwan tidak tahu mengapa kita bermimpi selama tidur REM, tetapi mereka tahu bahwa bermimpi mempengaruhi emosi dan perilaku kita dengan cara-cara yang tidak selalu kita pahami ketika terjaga.

Tidur adalah waktu proses restoratif dan penyembuhan yang hebat dalam tubuh.

Tidur adalah saat yang sangat baik untuk proses restoratif dan penyembuhan dalam tubuh. Tidur membantu memperbaiki kerusakan otot, tulang, dan jaringan; membuang produk limbah; pulih dari penyakit atau cedera; menumbuhkan dan mengembangkan otak dan tubuh.

Detak jantung Anda melambat selama tidur, turun sepuluh sampai tiga puluh persen.

Denyut jantung Anda melambat selama tidur, turun sepuluh hingga tiga puluh persen.

Suhu tubuh Anda turun selama tidur, tetapi bukan karena Anda kedinginan; tubuh Anda hanya mengisi ulang dirinya sendiri dan mempersiapkan diri untuk hari berikutnya.

Tekanan darah turun, begitu juga aliran darah ke otot (yang berarti lebih sedikit rasa sakit di pagi hari). Itulah sebabnya kebanyakan orang yang bangun dengan otot-otot yang sakit tidak menyadari bahwa mereka tidur terlalu banyak!

Bermimpi terjadi selama tidur REM.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mimpi itu acak dan tidak berhubungan dengan kehidupan terjaga, tetapi ini tidak benar. Mimpi terjadi selama tidur REM, yang merupakan tahap ketiga dari tidur. Selama waktu ini tubuh kita rileks dan mata kita bergerak cepat di balik kelopak mata yang tertutup. Kita juga menghasilkan sinyal gerakan mata cepat (REM) di otak kita yang mengindikasikan mimpi.

Otak menghasilkan serangkaian gambar yang tidak dapat kita akses secara sadar saat terjaga karena terlalu rumit untuk kita pahami pada saat tertentu; namun, gambar-gambar tersebut dapat diakses melalui mimpi ketika disimpan sebagai bagian dari bank memori Anda (biasanya bertahun-tahun kemudian). Kenangan yang tersimpan ini membantu menentukan hal-hal apa saja yang terjadi dalam hidup Anda berdasarkan bagaimana pengalaman itu memengaruhi Anda secara emosional atau fisik."

Konsolidasi memori terjadi selama SWS.

Konsolidasi memori adalah proses penyimpanan ingatan di otak Anda, dan ini penting untuk pembelajaran dan memori. Selama tidur, Anda mungkin mengalami peningkatan tidur REM (ketika mimpi terjadi) atau tidur gelombang lambat NREM (ketika kita paling mungkin mengingat sesuatu). Tahapan-tahapan ini adalah saat otak kita melakukan pekerjaan terbaiknya dalam memproses pengalaman baru menjadi ingatan jangka panjang. Jika Anda tidak cukup tidur atau mengalami periode tidur yang terganggu, hal ini dapat memengaruhi seberapa baik otak Anda menyimpan informasi baru-dan ini bisa berimplikasi negatif untuk mempelajari hal-hal baru di kemudian hari!

Para ilmuwan tidak tahu mengapa kita bermimpi selama tidur REM.

Mimpi adalah sebuah misteri. Mimpi tidak tampak senyata kehidupan terjaga kita, tetapi mimpi memiliki banyak hal penting dan dapat membantu kita mempelajari banyak hal.

Ketika kita terjaga, otak kita menghasilkan sinyal-sinyal elektrik yang mengendalikan segala sesuatu mulai dari bernapas hingga berpikir dan bergerak. Ketika Anda tidur di malam hari atau tidur siang di siang hari (disebut tidur gerakan mata tidak cepat), otak Anda masuk ke dalam apa yang disebut tidur "REM" (gerakan mata cepat) di mana mata Anda lebih sulit untuk bergerak. Selama jenis keadaan mimpi ini, gelombang otak Anda melambat dan menjadi kurang terorganisir daripada ketika Anda terjaga - tetapi masih cukup sehingga jika seseorang dapat merekamnya dengan elektroda di kepala atau tulang belakang mereka seperti yang dilakukan oleh mesin electroencephalogram (EEG) saat ini, maka rekaman ini akan terlihat cukup mirip meskipun satu orang mungkin mengalami satu jenis mimpi sementara yang lain memiliki jenis mimpi yang lain!

Ketika Anda tertidur, tubuh Anda bekerja keras untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Jadi, apa yang bisa diambil? Ketika Anda tertidur, tubuh Anda bekerja keras untuk memperbaiki dirinya sendiri. Denyut jantung Anda melambat selama tidur dan turun sepuluh hingga tiga puluh persen; bermimpi terjadi selama tidur REM; konsolidasi memori terjadi selama SWS (Slow Wave Sleep); para ilmuwan tidak tahu mengapa kita bermimpi (atau jika kita bermimpi), tetapi mereka sedang mempelajarinya.

Tubuh manusia adalah mesin yang kompleks, dan meskipun kita mungkin tidak selalu memahami bagaimana bagian-bagian tubuh kita bekerja sama untuk membuat kita menjadi diri kita sendiri, satu hal yang jelas: tertidur bukan hanya tentang bersantai dan melepaskan stres. Tidur juga tentang memperbaiki tubuh dan pikiran Anda sehingga dapat berfungsi sebaik-baiknya ketika Anda bangun di pagi hari. Sekarang setelah Anda mengetahui fakta-fakta tentang tidur ini, sekarang saatnya untuk tidur siang restoratif!

0 comments: