Tidur sangat penting bagi kesehatan karena tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan ko...

3 Tips Agar Cepat Tidur

3 Tips Agar Cepat Tidur


Tidur sangat penting bagi kesehatan karena tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh agar kembali bugar. 

Tidur cukup sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental kita. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam setiap harinya tergantung pada usia, aktivitas, kondisi tubuh dan gaya hidup.

Kurang tidur akan membuatmu kesulitan berkonsentrasi, menghambat kreativitas dan memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya.

Berikut 3 tips jitu agar kita bisa cepat tidur di malam hari.

1. Rutin berolahraga


Rutin berolahraga merupakan salah satu cara untuk kita bisa cepat tidur dan terlelap pada malam hari. Berolahraga bisa membantu kita agar mudah merasa ngantuk. Berolahraga juga meningkatkan kualitas tidur kita dan mengurangi resiko gangguan tidur.




2. Jauhi alat elektronik


Hentikan kebiasaan menonton TV atau bermain smartphone sebelum menjelang istirahat pada malam hari. Hal ini akan beresiko membuat kualitas tidur berkurang malah jadi begadang karena keasyikan. Semakin intens menggunakan alat elektronik maka semakin sulit kita tidur pada malam hari. Sinar biru dari layar gadget dapat menekan hormon melatonin, yaitu hormon yang bertugas meregulasi tidur kita.

3. Hindari mengkonsumsi Kafein 


Kafein adalah salah satu stimulan yang ditemukan dalam berbagai jenis minuman, misalnya : kopi, teh, dan minuman berenergi. Minuman berkafein juga dipercaya dapat meningkatkan energi pada siang hari. Minuman yang mengandung stimulan ini tak hanya memberikan efek atau dampak yang baik tapi juga memiliki efek samping mengurangi jumlah jam sekaligus kualitasnya.

Salah satu cara yang dapat membantu kita sebagai penggemar kopi cepat tidur adalah konsumsi kafein 5-6 jam sebelum tidur malam. Umumnya efek stimulan dari kafein akan memudar setelah empat jam.




Demikian 3 tips agar cepat tidur pada malam hari agar memperoleh kualitas tidur yang baik dan kondisi tubuh kembali bugar keesokan harinya. 

1 komentar: